“UNIJAYA SELAYANG PANDANG”

Universitas Trunajaya (UNIJAYA) Bontang, berdiri pada Tahun Akademik 1989/1990 dibawah naungan Yayasan Pendidikan Miliana berdasarkan Akta Notaris No.15 tanggal 10 Oktober 1990 oleh Notaris Bambang Soemito, SH, dengan Susunan Pengurus sebagai berikut :

  • Ketua              : Hj. Soedarmi Aisyah
  • Sekretaris     : Drs. M.Simanjuntak, SH.
  • Bendahara    : Hj. Chelly Amalia S, SH.

Berdirinya Perguruan Tinggi ini dimaksudkan untuk membantu Putra-Putri Indonesia khususnya yang berdomisili di Kota Bontang agar mendapat kesempatan mengecap tingkat pendidikan tinggi sekaligus menimba dan mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan minat masing-masing.

Pada awal berdirinya UNIJAYA yang terletak di Jalan A.Yani Bontang menghadapi banyak kendala, khususnya untuk penerimaan mahasiswa, belum jelasnya status UNIJAYA dan ruang kuliah yang belum tersedia. Namun tekad kuat dari Alm. Drs. M.Simanjutak, SH yang bertindak selaku Pimpinan (Rektor) UNIJAYA saat itu, dan Hj. Soedarmi Aisyiah selaku Ketua Yayasan Pendidikan Miliana dengan gigih berupaya meletakan landasan yang lebih pasti dan terarah, akhirnya lambat laun masyarakat Bontang bisa menerima kehadiran Universitas yang satu-satunya di Bontang waktu itu. Dalam waktu singkat tak sampai satu tahun, UNIJAYAmendapat Ijin dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : No.0723/0/1990 tanggal 11 Desember 1990 dengan 3 (tiga) Fakultas dan 6 (enam) Program Studi (Prodi), yaitu; Fakultas Ekonomi dengan Prodi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Hukum dengan Prodi Hukum Perdata dan Tata Negara, Fakultas Teknik dengan Prodi Teknik Mesin dan Elektro. Pimpinan Perguruan Tinggi atau Rektor Pertama (Ke-1) dijabat oleh Sdr. Drs. M.Simanjuntak, SH, Dekan Teknik Ir. Sutadiantara, Dekan Ekonomi Tatak Sudarisman, SE, dan Dekan Hukum Christian Sinaga, SH. Dengan menempati kampus perkuliahan di SMU Monamas Bontang (status sewa), mahasiswa pertama yang masuk berasal dari berbagai kalangan baik Perusahaan Pemerintah maupun Swasta yang berada di lingkungan wilayah Kecamatan Bontang waktu itu, yaitu; Karyawan PT. Pupuk Kaltim, PT. Badak NGL, Pegawai Instansi Swasta, Pegawai Kantor Kecamatan Bontang, dan Guru-Guru baik Negeri maupun Swasta. Hal tersebut membuat segenap jajaran UNIJAYA percaya diri untuk terus berkiprah memajukan dunia pendidikan di  Bontang.

Kemudian dalam perjalanannya UNIJAYA mengajukan kembali penetapan Ijin Status karena sudah berakhir masa berlakunya, maka melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 97/DIKTI/KEP/1996 tanggal 12 April 1996 dengan Status Terdaftar”. Pada tahun 1996 UNIJAYA melaksanakan Dies Natalis  dan Wisuda Sarjana I dengan Jumlah Kelulusan 97 Sarjana, yang terdiri dari; 30 Sarjana Ekonomi, 43 Sarjana Hukum, dan 24 Sarjana Teknik. Dan seiring dengan berubahnya Kecamatan Bontang menjadi Kota Administratif, jumlah penduduk Bontang semakin meningkat dan kelulusan SLTA jumlahnya cukup banyak, maka dimulai menjajaki lahan untuk pembangunan Kampus yang representative, dimana UNIJAYA satu-satunya Perguruan Tinggi yang ada di  Bontang tidak lagi mampu untuk menampung mahasiswa yang setiap tahunnya semakin meningkat. Pada tahun 2000 diadakan pergantian Rektor dan diangkat Sdr. Ir. Idham Cholid sebagai Rektor yang ke-2 dan pada tahun 2001 dilaksanakan Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-II dengan Jumlah Kelulusan sebanyak 102 Sarjana, yang terdiri dari; 56 Sarjana Ekonomi, 34 Sarjana Hukum, dan 12 Sarjana Tehnik.

Dalam upaya perbaikan mutu dan sarana gedung terus ditingkatkan agar dapat menunjang proses belajar-mengajar berjalan dengan kondusif dan nyaman, memasuki Tahun Akademik  2001/2002 sejalan dengan perkembangan status Kota Administrasi menjadi Kota Bontang UNIJAYA telah memiliki gedung sendiri yang representative diatas tanah seluas 2.788 Meter persegi, yang berlokasi di Jalan Jend. Achmad Yani  Gg.Jantan No.55 Kota Bontang. Usaha tersebut mengisyaratkan kesungguhan pihak Yayasan untuk senantiasa berusaha memajukan UNIJAYA agar kehadirannya bisa dirasakan masyarakat Bontang. Sebelum masa Jabatan Rektor Ke-2 Ir. Idham Cholik berakhir, yang bersangkutan pindah tugas pekerjaan dan berdomisili di Jakarta maka Ketua Yayasan menunjuk dan melaktik Sdr. Chairul Rahman, SE, MM., sebagai Pejabat Rektor yang Ke-3 dengan Masa Bhakti Periode 2003-2007 yang sebelumnya menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi. Komposisi Pimpinanan Perguruan Tinggi UNIJAYA, sebagai berikut :

Nama Pimpinan Jabatan
Chairul Rahman, SE, MM. Rektor
Bilher Hutahaean, SH. Pembantu Rektor I Bidang Akademik
Drs. Eko Setyo Pembantu Rektor II Bidang Adm. & Keuangan
Baidlowi, S.Ag. Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Dra. Roma Malau, SE. Dekan Fakultas Ekonomi
Yoessudarta, SH Dekan Fakultas Hukum
Joni Asmara, ST. Dekan Fakultas Teknik

Dan pada tahun 2003 tersebut dilaksanakan Dies Natalis dan WIsuda Sarjana Ke-III dengan Jumlah Kelulusan 166 sarjana, yang terdiri dari; 104 Sarjana Ekonomi, 47 Sarjana Hukum, dan 15 Sarjana Teknik.

Sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan dan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, UNIJAYA selalu mengikuti perkembangan Program Studi dan Kurikulum Nasional dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan merespon perkembangan dan perubahan yang terjadi dengan cepat diera globalisasi saat ini. Pada tahun 2005 kembali Unijaya mengadakan Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-IV dengan Jumlah Kelulusan 206 sarjana, yang terdiri dari 124 Sarjana Ekonomi, 66 Sarjana Hukum, dan 16 Sarjana Teknik. Melihat kuantitas kelulusan tersebut diatas, dan dalam rangka turut mencerdaskan kehidupan bangsa, UNIJAYA adalah salah satu wadah pendidikan tinggi yang telah berperan serta dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dikota Bontang ini. Bahwa angka partisipasi kelulusan UNIJAYA tersebut menjadi salah satu indicator bagi kemajuan sebuah perguruan tinggi, karena sudah banyaknya posisi-posisi penting dalam Institusi Formal di Kota Bontang yang dijabat oleh Kelulusan UNIJAYA.

Dengan adanya Otonomi Perguruan Tinggi yang pengelolaannya sepenuhnya diserahkan kepada perguruan tinggi yang bersangkutan, dimana diharuskan membuat laporan secara berkala dengan System Komputerisasi (On-line) ke Kopertis Wilayah XI Kalimantan di Banjarmasin, maka UNIJAYA kembali ditetapkan Ijin Pelaksanaan Program Studi pada tanggal 13 Januari 2005 berdasarkan Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 148/D/T/05 untuk Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum, Surat Nomor : 149/D/T/05 untuk Fakultas Ekonomi Program Studi Ilmu Manajemen, dan Surat Nomor : 150/D/T/05 untuk Fakultas Teknik Program Studi Mesin. Pada tahun 2006 kembali UNIJAYA mengadakan Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-V dengan jumlah kelulusan 78 Sarjana, yang teridiri dari 52 Sarjana Ekonomi, 17 Sarjana Hukum, dan 9 Sarjana Teknik.

Dalam rangka usaha meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan, pihak Yayasan sebagai Badan Penyelenggara dan Rektorat sebagai Pengelola Akademik selalu berusaha memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh Kantor Pendidikan Tinggi (Dikti), antara lain; Kelengkapan Sarana-Prasarana Kampus yang representative, SDM Dosen yang memadai, Tertib Administrasi Kesekretariatan, serta Pemenuhan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang menjadi dasar penyelenggaraan Program Studi. Pada bulan Oktober 2006 UNIJAYA mendapat Akreditasi  dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) dengan SK No.016/BAN-BT/AK-X/S1/X/2006 untuk Fakultas Hukum, dan No.018/BAN-PT/AK-X/S1/XI/2006 untuk Fakultas Ekonomi dan Teknik, hal tersebut kembali menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat untuk tidak khawatir dan ragu-ragu lagi dalam  menimbah ilmu pada Universitas Trunjaya Bontang.

Pada tahun 2007 Ketua Yayasan memperpanjang Jabatan Rektor Sdr. Chairul Rahman, SE, MM.,untuk Masa Bhakti Periode 2007-2011. Komposisi Pimpinan Perguruan Tinggi UNIJAYA, sebagai berikut :

Nama Pimpinan Jabatan
Chairul Rahman, SE, MM. Rektor
Bilher Hutahaean, SH. Pembantu Rektor I Bidang Akademik
Drs. Eko Setyo Pembantu Rektor II Bidang Adm. & Keuangan
Baidlowi, S.Ag, M.Pd. Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Syarifuddin, SE, M.Si. Dekan Fakultas Ekonomi
Yoessudharta, SH Dekan Fakultas Hukum
Joni Kasmara, ST. Dekan Fakultas Teknik

Diusia UNIJAYA Ke-17 Tahun 2007, kembali UNIJAYA mengadakan Dies Natalis dan Wisuda Ke-VI dengan Jumlah Kelulusan 102 Sarjana yang terdiri dari; 75 Sarjana Ekonomi, 25 Sarjana Hukum, dan 2 Sarjana Tehnik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-VII Tahun 2009 meluluskan 115 Sarjana yang terdiri dari; 74 Sarjana Ekonomi, 33 Sarjana Hukum, dan 8 Sarjana Teknik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-VIII Tahun 2009 UNIJAYA meluluskan 89 Sarjana yang terdiri dari; 52 Sarjana Ekonomi, 29 Sarjana Hukum, dan 8 Sarjana Teknik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-IX Tahun 2010 UNIJAYA meluluskan 112 Sarjana yang terdiri dari; 78 Sarjana Ekonomi, 26 Sarjana Hukum, dan 8 Sarjana Teknik.

Pada tahun 2011 Ketua Yayasan memperpanjang Jabatan Rektor Sdr. Chairul Rahman, SE, MM.,untuk Masa Bhakti Periode 2011-2015. Komposisi Pimpinan Perguruan Tinggi UNIJAYA, sebagai berikut :

Nama Pimpinan Jabatan
Chairul Rahman, SE, MM. Rektor
Bilher Hutahaean, SH, MH. Pembantu Rektor I Bidang Akademik
Drs. Eko Setyo, M.Si Pembantu Rektor II Bidang Adm. & Keuangan
Baidlowi, S.Ag, M.Pd. Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Firmansyah, SE, MM./

Tatak Sudarisman, SE, MM.

Dekan Fakultas Ekonomi
Bahroddin, SH, M.Hum. Dekan Fakultas Hukum
Rosmiati, ST, MT. Dekan Fakultas Teknik

Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-X Tahun 2012 UNIJAYA kembali meluluskan 128 Sarjana yang terdiri dari; 82 Sarjana Ekonomi, 37 Sarjana Hukum, dan 9 Sarjana Teknik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-XI Tahun 2013 UNIJAYA meluluskan 116 Sarjana yang terdiri dari 60 Sarjana Ekonomi, 40 Sarjana Hukum, dan 16 Sarjana Teknik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-XII Tahun 2014 UNIJAYA meluluskan 170 Sarjana yang terdiri dari; 115 Sarjana Ekonomi, 43 Sarjana Hukum, dan 12 Sarjana Teknik. Dies Natalis dan Wisuda Sarjana Ke-XIII Tahun 2015 UNIJAYA meluluskan 136 Sarjana yang terdiri dari; 99 Sarjana Ekonomi, 30 Sarjana Hukum, dan 10 Sarjana Teknik.

Pada tahun 2015 Ketua Yayasan kembali memperpanjang Jabatan Rektor Sdr. Chairul Rahman, SE, MM., untuk jangka waktu satu tahun sambil menunggu proses suksesi pergantian Rektor. Komposisi Pimpinan Perguruan Tinggi UNIJAYA saat ini, adalah sebagai berikut :

Nama Pimpinan Jabatan
Chairul Rahman, SE, MM. Rektor
Antoni Lamini, SE, M.Pd. Pembantu Rektor I Bidang Akademik
Vera Agusyani, SE, M.Si. Pembantu Rektor II Bidang Adm. & Keuangan
Bachnur Effendi, SH, MH. Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan
Tatak Sudarisman, SE, MM. Dekan Fakultas Ekonomi
Bahroddin, SH, M.Hum. Dekan Fakultas Hukum
Rosmiati, ST, MT. Dekan Fakultas Teknik

Pada bulan September 2015 UNIJAYA telah melaksanakan Yudisium Sarjana dengan mencetak 120 Sarjana yang terdiri dari; 72 Sarjana Ekonomi, 24 Sarjana Hukum, dan 24 Sarjana Teknik yang rencananya akan di-Lantik pada acara Dies Natalis dan Wisuda Ke-XIV awal tahun 2016. Saat ini UNIJAYA Bontang telah TERAKREDITASI INSTITUSI dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT), dan dalam rangka pengembangan UNIJAYA kedepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bontang akan Pendidikan Tinggi sesuai dengan ilmu yang diminati, UNIJAYA akan membuka Fakultas Baru serta Pengembangan Program Studi Baru, sebagai berikut :

  • Fakultas Baru :
  1. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (FKIP), dengan Program Studi; Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), dengan Program Studi; Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Politik.
  3. Pengembangan Program Studi Baru untuk Fakultas Teknik, yaitu; Program Studi Teknik Industri.

Demikian “UNIJAYA SELAYANG PANDANG”, semoga UNIJAYA tetap eksis dan kedepan terus berjaya sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menjadi kebanggaan Kota Bontang.